Select Page

Sumber (17-05-2021) bertempat di halaman parkir Kantor Pengadilan Agama Sumber Kelas 1 A, upacara Hari Kesadaran Nasional digelar. Bertindak sebagai pembina upacara Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H., pemimpin upacara Achmad Busyaeri, S.Pd.I., Pembaca doa H. Abdul Hanan, S.H., M.H., Pemandu baca & gerak 8 Nilai Utama Mahkamah Agung Atikah Komariah, S.Ag., Pembaca UUD 45 Mukholik, S.Sy., dan Panca Prasetya Korpri Agus Abdillah, S.H.

Upacara kali ini sedikit berbeda dengan yang digelar sebelumnya, terutama menyangkut hari pelaksanaan usai libur lebaran. Sebuah momentum istimewa buat saling mengingatkan dan menyadarkan kembali tusi kita sebagai Aparatur Sipil Negara, lebih-lebih bagi Pengadilan dengan core business pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Sekalipun upacara dilaksanakan di awal masuk kerja usai libur lebaran, namun antusiasme Aparatur Sipil Negara sangat luar biasa mengikuti upacara. MC upacara Ela Nurmala memulai rangkaian acara tepat pukul 08.00, Pemimpin upacara segera menyiapkan barisannya. Lagu Indonesia Raya & Hymne Mahkamah Agung dilantunkan secara beruntun diikuti sikap tegap dengan suara lantang merdu membahana. Pemandu baca & gerak 8 Nilai Utama Mahkamah Agung menuntun serentak sikap moral para pelayan masyarakat.

Naskah Pancasila, UUD 45 dan Panca Prasetya Korpri yang dibacakan seperti mengingatkan kembali akan nilai-nilai kejuangan para Pendiri Negeri yang menitipkan agar seluruh pejabat negeri memberikan layanan terbaik setulus hati. “Di sini kita mengabdi, di sini kita berbakti, di sini kita berkarya, di sini kita Berjaya”.

“Selamat idul fitri 1442 H”, demikian Ketua mengawali amanatnya. “Di saat kita berbahagia di hari lebaran, sekalipun dalam suasana keterbatasan di masa pandemic covid 19 ini, nun jauh di sana, di Palestina saudara-saudara kita seiman sedang menghadapi musibah tiada henti dari sikap pongah dan berutal zionis Israel, kita bantu mereka sesuai kemampuan kita, berapa pun jumlahnya…mari kita membaca surat alfatihah, semoga Allah memberikan jalan keluar bagi penyelesaian terbaik untuk saudara-saudara kita”.

Diingatkan kembali kepada setiap unit organisasi yang berada di Pengadilan Agama Sumber untuk mengambil peran masing-masing guna mensukseskan setiap program yang telah dicanangkan.
Seluruh aparatur agar memberikan pelayanan terbaik, pelayanan prima, “Masyarakat yang mengadukan masalahnya ke Pengadilan Agama Sumber harus diperlakukan dengan baik, berikan solusi hukum yang terbaik. Mereka sedang banyak masalah, jadi jangan tambah masalah. Jadilah solusi bagi mereka, jangan marah, meskipun kita dimarahi. Berikan 3 S, senyum, sapa, salam…katakan: “apa yang bisa saya bantu, pak”, lanjutnya;

Upacara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh H. Abdul Hanan, S.H., M.H. dan dilanjutkan dengan ramah tamah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. @YA

Open chat