Select Page

Sumber (10-03-2021) Coffee morning, itulah istilah yang dipakai Panitera Pengadilan Agama (PA) Sumber Kusna Supriatno, S.H. untuk acara briefing mutu yang dilaksanakan pagi ini bersama jajaran kepaniteraan.
Bertempat di ruang kepaniteraan, acara briefing mutu diikuti Panmud Permohonan Atikah Komariah, S.Ag., Panmud Gugatan Opi Suliaman, S.Ag., Panmud Hukum Abdul Hakim, S.H, S.H.I., M.H., seluruh staf dan petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Dalam pembinaannya, Panitera menyampaikan agar aparatur melaksanakan tugas sebagaimana mestinya sesuai tupoksi. Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, sehingga mereka merasa puas atas layanan yang diberikan, tegasnya.

Kita selalu dipantau oleh pimpinan karena itu patuhi jam kerja. Pergunakan waktu istirahat sesuai ketentuan. Petugas PTSP harus bersabar karena kita menghadapi orang-orang yang “bermasalah”, tampilkan selalu 3 S (senyum sapa salam), walaupun senyum kita tidak terlihat karena terhalang masker, tegasnya sambil tersenyum. Wajah peradilan itu ada di kepaniteraan, terutama PTSP. Kesan baik akan “mengalir” menjadi pujian, sebaliknya kesan buruk akan kembali menjadi cacian. Terapkan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan jaga kebersihan diri, tempat kerja, dan lingkungan di sekitar kita, seperti kata pepatah “bersih pangkal sehat”.
Lebih lanjut dikatakan, menyangkut keuangan, para petugas harus melakukan sinkronisasi setiap hari. Kami menemukan pengembalian sisa panjar (PSP) masih banyak yang belum tersampaikan, ini menjadi tugas kita, katanya.

Selesai Panitera menyampaikan pembinaan, para Panmud dipersilahkan untuk menambahkan.
Panmud Permohonan menekankan pada masalah pelayanan di ruang PTSP agar diperhatikan mulai dari pintu depan sampai dengan belakang, semua petugas harus terlibat memberikan layanan terbaik, tuturnya.
Pengeluaran produk pengadilan harus cepat dan tepat. Cepat tidak meninggalkan kehati-hatian, dan tepat tertuju pada pemilik hak, jangan salah sasaran, lebih-lebih pengambilan produk oleh kuasa hukum, demikian Panmud Gugatan menambahkan.

Oleh karena itu, perhatikan SOP Pelayanan di PTSP, kata Panmud Hukum menyambung yang lainnya. Lihat dan pelajari kembali SOP di masing-masing bagian, agar pelaksanaan tugas sesuai dengan sasaran target.
Dari coffee morning yang dilaksanakan pagi ini, seluruh jajaran kepaniteraan bertekad untuk memberikan layanan terbaik, layanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. “Mari kita bekerja secara profesional dan proporsional, tegas panitera yang diamini oleh peserta yang hadir. @YA

Open chat