*** SELAMAT DATANG DI ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA SUMBER - MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) - BANTU KAMI UNTUK BERPERILAKU BERSIH DENGAN TIDAK MEMBERIKAN GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
 *** SELAMAT DATANG DI ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA SUMBER - MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) - BANTU KAMI UNTUK BERPERILAKU BERSIH DENGAN TIDAK MEMBERIKAN GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN

Monitoring dan Evaluasi Bidang Kesekretariatan PA Sumber

Sumber (14 – 10 – 2020) Menapaki awal triwulan keempat bagian kesekretariatan Pengadilan Agama Sumber Kelas 1 A yang dimotori Sekretaris ibu Hj. Latifah, S.H., M.H. mengambil ancang-ancang untuk melakukan monitoring dan evaluasi atas serapan dana DIPA. Langkah ini dinilai positif untuk merespon hasil pembinaan yang dilakukan oleh Pimpinan Mahkamah Agung, dalam hal ini Plt. Sekretaris MARI yang membahas mengenai serapan dana DIPA guna mempertahankan predikat WTP bagi Mahkamah Agung.

Acara rapat yang digelar di ruang Media Center diikuti Ketua Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H., Sekretaris Hj. Latifah, S.H., M.H., Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana Achmad Busyaeri, S.Pdi., Kasubag Umum dan Keuangan Moh. Kosasih, S.H., dan Kasubag Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan (PTIP) Adipryono, S.H., serta para operator dan admin. Setelah acara dibuka oleh Sekretaris, selanjutnya dipersilahkan masing-masing Kasubag untuk menyampaikan capaian kerjanya.

monev kesekratariatan 1

Dimulai dari Kasubag Kepegawaian yang memaparkan tusinya, seperti pembuatan Surat Keputusan Ketua menyangkut dokumen yang dibutuhkan dalam pembangunan zona integritas dan akreditasi penjaminan mutu, sehubungan dengan mutasi pejabat terkait. Sosialisasi Penilaian Kinerja Pegawai (PKP) telah dilaksanakan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Sumber, baik yang ada di Kepaniteraan maupun di Kesekretariatan.  Langkah tepat dan cepat, kerja sama dan sama-sama bekerja inilah yang membawa hasil mendapat new remunerasi tanpa kendala, demikian papar Kasubag Kepegawaian dan Ortala.

Beralih kepada Kasubag Umum dan Keuangan yang memaparkan capaian kerjanya sesuai tusi. Pada bagian ini disampaikan capaian serapan dana DIPA di masing-masing mata anggaran. Hampir semua mata anggaran telah terserap dengan baik, kisaran 90% sampai 100%. Sayangnya karena anggaran kecil, maka pada beberapa bagian terdapat kekurangan seperti  untuk penyediaan air minum, perawatan AC dan lainnya.

monev kesekratariatan 1

Lebih lanjut juga disampaikan oleh Kasubag Umum dan Keuangan, bahwa untuk listrik karena sudah menipis, maka diperlukan adanya penghematan. Oleh karena itu, kedepan dan untuk menghindari gangguan terhadap pelayanan dan persidangan, maka pada setiap hari Jumat akan dihidupkan mesin genset untuk mensuplai listrik menggantikan suplai listrik dari PLN.

Sementara itu Kasubag PTIP menyampaikan keinginan yang kuat untuk mengajukan usulan dan penambahan anggaran pada beberapa akun yang saat ini dirasa kurang mencukupi. Progres perbaikan web.PA.Sumber menjadi prioritas guna membuka jendela yang lebih luas bagi pencari keadilan melihat keadaan sesungguhnya yang terjadi di Pengadilan Agama Sumber dalam membangun zona integritas menuju WBK yang terus berorientasi pada kebaikan dan perubahan menjadi lebih baik.

Pada bagian akhir, Ketua mengapresiasi kinerja seluruh kasubag dan menekankan agar capaian ini dipublish di web.PA.Sumber, sehingga semua orang mengetahui progres pembangunan berkelanjutan yang dilakukan. Kesekretariatan sebagai supporting unit tentu diharapkan sumbangsihnya demi kemajuan lembaga ini.

Setelah Ketua menyampaikan bimbingan dan arahannya, maka acara monev kesekretarian ini selesai dan ditutup. @YA