*** SELAMAT DATANG DI ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA SUMBER - MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) - BANTU KAMI UNTUK BERPERILAKU BERSIH DENGAN TIDAK MEMBERIKAN GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
 *** SELAMAT DATANG DI ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA SUMBER - MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) - BANTU KAMI UNTUK BERPERILAKU BERSIH DENGAN TIDAK MEMBERIKAN GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN

DDTK Pra Launcing Layanan Drive Thru PA Sumber

Sumber (Selasa, 13 – 10 – 2020) DDTK (Diklat Di Tempat Kerja) adalah salah satu bentuk sederhana transfer knowledge (pengetahuan) dan skill (keterampilan). Konsep ini memberikan kemudahan bagi pelaksana dan peserta karena materi yang disampaikan bersifat ilmu terapan, dan pelaksanaannya cukup di kantor, demikian Ketua Pengadilan Agama Sumber mengawali sambutannya.

Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Sumber Kelas 1 A, acara yang dihadiri Ketua, Panitera, para Panmud, Tim IT dan operator ini diawali pembukaan oleh Panitera, dilanjutkan sambutan oleh Ketua sekaligus membuka acara DDTK. 

ddtk drivethru 1

Mengambil peluang di saat pandemik merupakan sebuah keniscayaan bagi Pengadilan Agama Sumber. Lebih-lebih bagi Pengadilan Agama ini yang dihadapkan  pada 8.000 sampai 9.000 perkara, sehingga memerlukan strategi perencanaan pelayanan yang prima dengan menggunakan teknologi informasi. Untuk itu, dengan mendayagunakan potensi SDM yang ada telah dibangun aplikasi Drive Thru Pengadilan Agama Sumber.

Lahirnya aplikasi ini adalah keinginan Panitera yang “diamini” Ketua setelah melakukan kunjungan “Studi Tiru” ke Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Cirebon yang sudah menyandang predikat WBBM dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Studi tiru mana adalah sebuah langkah tepat dalam membangun zona integritas menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK), dan peluang ini tidak disia-siakan oleh Pimpinan Pengadilan Agama Sumber.

ddtk drivethru 1

Mahadi Ganda Perwira, S.Kom. yang membidani lahirnya aplikasi Drive Thru Pengadilan Agama Sumber. Salah satu Admin IT PA Sumber ini cukup piawai dalam mencipta aplikasi, sebut saja aplikasi SINARA (Sistem Informasi Perkara PA. Sumber) dan SIDARA (Sistem Informasi Validasi Akta Cerai).  Kedua aplikasi ini menjadi andalan pelayanan dan memberikan kemudahan baik bagi pihak internal maupun eksternal incasu pencari keadilan, mendampingi aplikasi-aplikasi lainnya.

Dalam paparannya Mahadi menjelaskan secara perlahan dengan membaginya pada dua kategori: satu bagian bagi pemohon produk akte cerai/putusan dan satu bagian bagi pegawai administrator yang memberi layanan. Dari paparan yang disampaikan, lalu dibuka ruang tanya jawab pendalaman materi dan diskusi mencari solusi penyelesaiannya.

Setelah semua peserta mendapat kejelasan atas aplikasi Drive Thru ini, dan usulan perbaikan dan penambahan bagi kesempurnaannya, maka acara [email protected]